Jumat, 30 November 2012

Analisis SWOT Kondisi dakwah FBS




            FBS merupakan fakultas ter unik di kampus kita. Memiliki 9 jurusan dengan cirri khas masing-masing. Keanekaragaman jurusan ini merupakan sumber kekuatan luar biasa.  Semakin beragam semakin besar kekuatan yang kita miliki. Dan semakin banyak lini kehidupan yang akan mampu kita warnai dengan tarbiyah.  Namun kelemahan justru terletak pada diri kita masing-masing, terkadang kita terlalu eksklusif enggan menyapa teman-teman kita dari jurusan seni yang justru amat sangat membutuhkan belaian atmosfer tarbiyah dalam hidupnya.  Dengan perlahan namun pasti terus kita rangkul mereka hingga kita memiliki visi yang sama untuk meneggakan Islam di UNJ pada khususnya dan di dunia pada umumnya.  Toh batu akan berlubang jika di tetesi air terus menerus, bukan di guyur air satu gallon namun hanya di lakukan sekali.
            Peluang? Tentu saja ada. Kita memiliki peluang amat besar pada momen MPA dimana mahasiswa baru kita arahkan untuk mengenal islam lebih jauh memalui KABIM. Pergunakan kesempatan sebaik mungkin agar hasilnya maksimal.
            Ancaman lebih banyak datang dari orang-orang yang justru memahami islam namun kurang aplikasinya dalam kehidupan karena belum tersentuh tarbiyah. Mereka enggan ‘ngaji’ karena merasa sudah paham betul. Perlu startegi khusus untuk menghadapinya.
Yang jelas FBS memiliki kekuatan luar biasa yang saat ini masih terpendam dan butuh kader dakwah luar yang biasa untuk menggali kekuatan tersebut.  Kerahkan segala upaya agar dakwah bisa menyapa teman-teman kita dari jurusan seni, bayangkan jika dakwah ini sukses maka kuantitas mahasiswa FBS yang banyak tersebut akan sangat mampu menopang gerakan dakwah kita, tentunya diiringi pula denga kualitas yang luar biasa pula. Waallahu Bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kursor