Jumat, 30 November 2012

Valentine (sebuah aktifitas tiada guna)




Teman-teman yang saya banggakan, pada bulan Februari mendatang remaja kita akan diguncang fenomena dahsyat tahunan yang bisa mengikis keimanan dalam diri mereka.  Valentine, ritual kasih sayang tahunan yang berasal dari dunia barat. Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk membuktikan kasih sayang hanya pada satu hari. Setiap detik, menit bahkan jam yang kita lalui hendaknya diiringi dengan pembuktian rasa kasih sayang, tidak terbatas hanya pada hari tertentu saja.
Budaya valentine itu berasal dari agama Yahudi, yang memang tidak layak kita ikuti, mengapa? Pertama, karena Valentine merupakan hari raya bid'ah yang tidak ada dasar hukumnya di dalam syari'at Islam. Kedua: ia dapat menyebabkan hati sibuk dengan perkara-perkara yang tiada guna. Maka tidak halal bagi seorang mukmin untuk melakukan ritual hari valentine, baik dalam bentuk makan-makan, minum-minum, berpakaian, saling tukar hadiah ataupun lainnya. Karena kita telah diperingatkan dalam hal ini
وَلاَ تَكُوْنُوْا كَالذِيْنَ تَفْعَلُوْا الأَعْمَالَ لا فَائِدَةٌ فِيْهَا مِنْ بَعْدِ مَا جَآءَهُمُ البَيِّنَاتُ وَأُوْلئِكَ لَهُمْ نَدَمٌ عَظِيْمٌ
Dan janganlah kamu  menyerupai orang-orang yang melakukan pekerjaan yang tidak ada manfaatnya (sia-sia) sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat penyesalan yang besar.

Merayakan valentine beserta segala macam ritualnya tersebut adalah perbuatan yang sia-sia, bahkan akibat yang akan dicicipi oleh manusia yang telah melakukan perbuatan sia-sia adalah sebuah penyesalan yang amat besar. Penyesalan itu bagaikan racun yang tidak ada penawarnya nya kecuali dengan memperbaiki hal yang di sesalkannya tersebut di masa yang akan datang, sehingga ia tidak jatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya.
Tidak ada satupun manusia yang mampu kembali ke masa lalu, demi menghapus perkara sia-sia yang telah dilakukannya dan mengukirnya dengan suatu hal yang bermanfaat. Karena sesuatu yang paling jauh dalam diri kehidupan manusia adalah masa lalu. Manusia bisa saja pergi ke luar negeri bahkan ke luar angkasa, tapi bisakah manusia kembali ke masa lalu? Tentu tidak. Maka sebelum penyesalan datang menerkam kehidupan kita, maka hendaknya kita tinggalkan budaya valentine serta hal-hal yang tiada guna lainnya J.

Iqtibas dari surat ali imron ayat 105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kursor