Jumat, 01 Juni 2012

Jika Saya Menjadi Guru SMP

Jika saya menjadi seorang guru SMP, maka saya akan melaksanakan tugas saya secara professional, serta menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyikapi anak didik saya sesuai dengan karaterikstiknya, karena siswa SMP merupakan individu yang berada pada masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Mereka tidak mau lagi disebut anak kecil, namun pada dasarnya belum cukup umur untuk dikatakan dewasa. Maka suasana pembelajaran yang diciptakan hendaknya sesuai dengan karateristik siswa SMP.

Pemahaman awal dan dasar tentang beberapa mata pelajaran telah mereka peroleh ketika duduk di bangku sekolah dasar, dan pada tahap ini merupakan tahap pemahaman lanjutan awal. Jika saya menjadi guru SMP, saya akan menciptakan pembelajaran yang fun sehingga materi lanjutan akan mudah diserap oleh siswa. Perencanaan yang matang serta penguasaan materi dan metode pembelajaran akan selalu saya lakukan demi suksesnya pendidikan yang saya berikan. Saya juga akan mengikuti pertemuan pertemuan profesi untuk mengembangkan keprofesionalisan saya. Saya akan berusaha tidak gagap teknologi untuk selalu menginovasi media pembelajaran yang tentunya sesuai dengan karateristik usia SMP.

Pada masa usia SMP ini biasanya mereka mengalami banyak masalah, mulai dari masalah perubahan dirinya, egonya yang sulit dikendalikan, rasa ‘keakuan’ yang sering muncul dan lain sebagainya yang memang hal ini disebabkan karena diri mereka berada dalam masa puber. Maka disini saya mencoba melakukan pendekatan dari hati ke hati pada murid murid saya, sehingga saya bisa dijadikan teman untuk berbagi pula tanpa mengurangi wibawa saya dihadapan mereka. Sehingga saya bisa melaksanakan tugas saya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Karena siswa akan sulit terbuka pada orang yang mereka anggap asing. Maka saya tidak mau demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kursor