Jika saya menjadi seorang guru SMP, maka
saya akan melaksanakan tugas saya secara professional, serta menciptakan
pembelajaran yang interaktif dan menyikapi anak didik saya sesuai dengan
karaterikstiknya, karena siswa SMP merupakan individu yang berada pada masa
peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Mereka tidak mau lagi disebut anak
kecil, namun pada dasarnya belum cukup umur untuk dikatakan dewasa. Maka
suasana pembelajaran yang diciptakan hendaknya sesuai dengan karateristik siswa
SMP.
Pemahaman awal dan dasar tentang beberapa
mata pelajaran telah mereka peroleh ketika duduk di bangku sekolah dasar, dan
pada tahap ini merupakan tahap pemahaman lanjutan awal. Jika saya menjadi guru
SMP, saya akan menciptakan pembelajaran yang fun sehingga materi lanjutan akan
mudah diserap oleh siswa. Perencanaan yang matang serta penguasaan materi dan
metode pembelajaran akan selalu saya lakukan demi suksesnya pendidikan yang
saya berikan. Saya juga akan mengikuti pertemuan pertemuan profesi untuk
mengembangkan keprofesionalisan saya. Saya akan berusaha tidak gagap teknologi
untuk selalu menginovasi media pembelajaran yang tentunya sesuai dengan karateristik
usia SMP.
Pada
masa usia SMP ini biasanya mereka mengalami banyak masalah, mulai dari masalah
perubahan dirinya, egonya yang sulit dikendalikan, rasa ‘keakuan’ yang sering
muncul dan lain sebagainya yang memang hal ini disebabkan karena diri mereka berada
dalam masa puber. Maka disini saya mencoba melakukan pendekatan dari hati ke
hati pada murid murid saya, sehingga saya bisa dijadikan teman untuk berbagi
pula tanpa mengurangi wibawa saya dihadapan mereka. Sehingga saya bisa
melaksanakan tugas saya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.
Karena siswa akan sulit terbuka pada orang yang mereka anggap asing. Maka saya
tidak mau demikian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar