Selasa, 09 Oktober 2012

Kecerdasan bukan besarnya nilai yang kita peroleh di kelas, melainkan kemampuan otak kita dalam berfikir kritis.


            Sudah cerdaskan kita? Jawabannya sudah, saya sudah menjadi mahasiswa berprestasi dengan nilai tertinggi se-angkatan, saya juga menjadi juara umum ketika SMP dan SMA. Namun tragis sekali hal itu belum membuktikan sepenuhnya bahwa seseorang cerdas.
Perjalanan pulang Show FBS dari Bogor menuju Jakarta dihiasi dengan brain game yang dipandu oleh beberapa kawan. Brain game tersebut sebenarnya mudah jika kta benar-benar teliti, tapi koq ya aku ga mudeng-mudeng untuk menjawab teka-teki tersebut. Jelas saja permainan ini sungguh menguji kecerdasan berfikir otak manusia. Ternyata banyak hal diluar sana yang belum ku ketahui. Perlu banyak belajar niii… jadi malu sama adik kelas yang ternyata hebat dan cepat tanggap ketika menjadi pertanyaan brain game ini.
Memang ada pesan dan hikmah yang disampaikan dalam brain game ini, dimana pemainnya dituntut untuk betul-betul teliti dan memperhatikan dengan seksama. Jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pun 2 hal ini wajib dilaksanakan oleh seseorang yang menghendaki dirinya untuk sukses.  Teliti… ya teliti merupakan salah satu langkah menuju keusksesan. Teliti serta peka terhadap apa yang terjadi di sekitar kita, apakah sudah berjalan dengan baik? Ataukah ada suatu ketimpangan yang perlu diperbaiki melalui tangan-tangan kita sang pemegang kesuksesan?
Sudahkah kita berfikir kritis dalam setiap langkah dan gerak kita? Sudahkan kita timbulkan pertanyaan-pertanyaan kritis mengenai ketidaksesuaian yang kita temui sepanjang perjalanan hidup kita? Memang otak manusia perlu dilatih terus agar mencapai kapasitas maksimal. Ada sebuah kalimat yang mencekat tenggorokanku saat pertama kali mendengarnya “Otak orang Indonesia pasti kalau dijual harganya murah karena memorinya masih kosong” Mungkin saja kalimat ini terlontar melihat berapa banyak sih orang Indonesia yang menjadi pakar cabang ilmu pengetahuan tingkat dunia? Prestasi apa yang mampu dibanggakan? Saya menulis ini bukan berarti mengatakan bahwa Negara kita tidak memiliki prestasi ya, memang warga Negara Indonesia memiliki prestasi yang membanggakan di tingkat Internasional, namun rasanya belum sesuai dengan potensi SDM Indonesia yang begitu menakjubkan jumlahnya. Loh koq jadi kemana-mana nihh tema bahasan nya…??  Yo wiss… yang penting sekarang kita maksimalkan kinerja otak kita, karena dengan begitu kita akan lebih mudah mencapai kesuksesan…. Salam Hebat buat kita semua !!! :)
Minggu, 7 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kursor